Image of Strategi Peningkatan Kemampuan Adopsi Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Daya Saing UKM

Buku_Teks

Strategi Peningkatan Kemampuan Adopsi Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Daya Saing UKM



UKM menjadi salah satu faktor ekonomi yang sangat diperhitungkan dalam perekonomian Indonesia. Sementara itu, saat ini perkembangan ekonomi regional dan global sedang mengarah pada era perdagangan bebas. UKM di tuntut untuk melakukan perubahan untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Salah satu faktor yang terbukti menjadi penentu daya saing UKM manufaktur Indonesia adalah teknologi informasi (TI). Namun, disamping terdapt faktor penggerak, ditemukan pula faktor-faktor yang menghambat adopsi TI. Faktor-faktor tersebut merupakan faktor kunci penentu keberhasilan adopsi TI di UKM. Pada kenyataannya pemerintah Indonesia juga kurang memberikan dukungan terhadap hal ini. Kebijakan dan program yang ada hanya bersifat parsial dan tidak komprehensif. Penelitian ini telah menghasilkan strategi dan alternatif kebijakan untuk dapat meningkatkan adopsi TI di UKM. Dalam penyusunannya, dipertimbangkan faktor-faktor kunci penentu adopsi, pola strategi aktual, serta pola strategi ideal. Di samping itu, ditentukan pula instrumen-instrumen beserta stakeholders yang berperan sesuai dengan kompetensinya masing-masing. Implementasi strategi tersebut, diharapkan akan terjadi peningkatan daya saing UKM, baik di pasar lokal maupun di pasar dunia.


Availability

96B2017303.483 3 RIA sGeotek LibraryAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
303.483 3 RIA s
Publisher LIPI Press : Jakarta.,
Collation
vii + 85 hlm.; 14,8 x 21 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-799-336-8
Classification
303.483 3
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this