Select Language  
Book's Detail
Geologi dan Cebakan khrom Daerah Lasitae, Barru-Sulawesi Selatan

Penyelidikan geologi cebakan khrom di daerah Lasitae-kabupaten barru adalah bagian dari penelitian inventarisasi sumberdaya mineral di Indonesia, untuk dapat selanjutnya memformulasikan suatu model eksplorasi terpadu atas cebakan bijih besi. Kegiatan penelitian ini merupakan kelanjutan dari penyelidikan serupa yang telah dilakukan pada awal tahun 1977 di daerah sebelah Barat Lasitae. Dari penyelidikan ini diharapkan akan diperoleh gambaran yang lebih lengkap mengenai kedapatan dan terjadinya cebakan khrom di daerah Barru.
Kabupaten Barru terletak kurang lebih 130 km disebelah Utara Ujung pandang. Dari kota Barru, daerah penyelidikan dapat dicapai dengan kendaraan bermotor sejauh 20 km melalui desa Palaka dan naik menyusuri daerah perbukitan sampai ke puncak Lasitae. Saat ini hak kuasa penambangan khrom di sebagian besar daerah penelitian dipegang oleh P.T. PERTO, berkedudukan di Ujung pandang dan Jakarta. Eksplorasi dan eksploitasi pernah dilakukan oleh P.T. PERTO bekerjasama dengan team Kanematsu, Jepang. Beberapa terowongan eksplorasi dan parit uji masih terdapat di lokasi-lokasi yang memperlihatkan indikasi cebakan khrom.
Luas daerah yang diselidiki mencakup 20 km persegi, meliputi B. Lasitae (434 m) disebelah Barat sampai sekitar B. Palaka di sebelah Timur, di Utara sampai dengan S. Barutung dan ke Selatan disekitar S. Dengenge.

Statement of Responsibility
Author(s) Sopaheluwakan, Jan - Personal Name
Edition
Call Number S79-1
ISBN/ISSN
Subject(s)
Classification S79-1
Series Title
GMD Laporan_Penelitian
Language Indonesia
Publisher Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI
Publishing Year 1979
Publishing Place Bandung
Collation
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...